WE GROW TOGETHER SINCE 2003
Sambungan Rumah

Sambungan Rumah (SR) dengan pipa HDPE untuk sanitasi atau perpipaan masyarakat (PAMSIMAS)

Denya.co.id – Sambungan rumah (SR) adalah sebutan popular untuk sambungan distribusi air ke rumah-rumah masyarakat. Sambungan rumah biasanya dikelola oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) setempat dan merupakan proyek sanitasi atau perpipaan untuk pengairan air bersih yang sedang digalakkan oleh pemerintah.

SR atau sambungan rumah ini biasanya dimulai dari pipa distribusi induk hingga ke meteran air (water meter) depan rumah penduduk.

Biasanya pipa yang digunakan untuk Sambungan Rumah (SR) berukuran kecil dari 63mm hingga 20mm. Penyambungan SR sebenarnya susah susah gampang. Dikatakan susah karena kebanyakan dari kita harus pintar – pintar mengkombinasikan beberapa material yang berbeda semisal pipa hdpe, pipa pvc, pipa galvanis dan beberapa aksesoris lainnya.

Melalui artikel ini kami ingin membagikan beberapa tips dan informasi penyambungan yang umum digunakan untuk Sambungan Rumah (SR).

Secara umum, pemasangan SR dimulai dengan pemasangan CLAMP SADDLE. CLAMP SADDLE biasanya disesuaikan dengan material pipa distribusi yang akan kita cangkokkan dengan pipa untuk SR. Misalnya pipa distribusinya adalah pipa hdpe, maka kita pergunakan CLAMP SADDLE HDPE pula.

Untuk CLAMP SADDLE yang dipakai harus sesuai dengan ukuran pipa distribusi dan keluarannya adalah sesuai dengan kebutuhan pipa SR kita. Misalkan pipa distribusi adalah 110mm dan pipa SR kita adalah 32mm, maka CLAMP SADDLE yang kita gunakan adalah CLAMP SADDLE 110mm x 1” (32mm).

Dilubang keluaran CLAMP SADDLE akan dipasangkan FERRULE CUTTER atau MALE THREADED ADAPTOR ataupun MALE ELBOW.

FERRULE CUTTER dipakai apabila pipa distribusi dalam kondisi aktif atau mengalirkan air dan tidak bisa di hentikan.

AKSESORIS ALTERNATIF

MALE THREADED ADAPTOR  (MTA) atau soket drat luar, menjadi alternatif yang ideal jika pipa distribusi dapat di non-aktifkan atau di hentikan pada saat instalasi sambungan rumah (SR) karena harganya yang lebih bersahabat.

MALE ELBOW juga dapat dipergunakan jika kondisi mengharuskan kita membelokkan jalur pipa keluaran dari CLAMP SADDLE.

Selanjutnya aksesoris tersebut diatas disambungkan dengan pipa hdpe dan ditarik hingga ke titik yang ditentukan. Biasanya ke masing-masing depan rumah masyarakat.

Dititik yang ditentukan inilah pipa hdpe tersebut kemudian disambungkan ke ANGLE LOCKABLE VALVE (ataupun GATE VALVE yang bisa dikunci). Penyambungannya cukup gampang, yaitu dengan menggunakan FEMALE THREADED ADAPTOR (FTA) atau populernya soket drat luar, jika ulir / drat valve tersedia mempunyai drat luar (jantan).

FTA ini kemudian diberi SEAL TAPE pada ulirnya dan disambungkan ke valve yang sudah dipersiapkan.  Kemudian kita kunci dengan baik. Untuk SEAL TAPE sendiri kami sarankan menggunakan SEAL TAPE khusus industri.

Pergunakan FTA sekali lagi untuk menyambung valve dengan pipa hdpe pada ujung satunya. Kemudian gunakan FTA ataupun MTA sesuai dengan ujung dari WATER METER yang akan kita koneksikan.

WATER METER yang dipakai untuk proyek Sambungan Rumah haruslah mempunyai sertifikat atau logo SNI dan terbuat dari plastik ataupun kuningan / bronze / brass.

DENYA adalah contoh dari produsen pipa yang bersertifikat SNI.

Pada ujung sebelah dari WATER METER, biasanya disambungkan dengan BALL VALVE yang tujuannya untuk menghentikan aliran air jika dibutuhkan. Sambungan antara WATER METER dan BALL VALVE biasanya menggunakan DOUBLE NIPPLE. Gunakan kembali FTA atau soket drat dalam. Kali ini dengan bahan besi karena kita akan segera membuat leher angsa.

Soket drat dalam tersebut kita sambungkan dengan pipa galvanis sesuai dengan kebutuhan.

Setelahnya kita gunakan ELBOW galvanis pada ujung pipa. Arahkan ujung ELBOW galvanis satunya kearah atas.

Sambung kembali dengan pipa kira-kira 50 centimeter. Kemudian gunakan jenis FEMALE ELBOW atau Elbow drat dalam pada ujung pipa yang tegak keatas untuk kemudian kita sambung dengan KERAN AIR.

Sebagai catatan, jangan lupa gunakan SEAL TAPE pada seluruh sambungan DRAT.

Pada beberapa daerah, penggunaan BOX WATER METER dan atau BOX CONTROL dari semen adalah wajib dan sebenarnya memang disarankan untuk seluruh proyek Sambungan Rumah.

Demikian informasi tentang Sambungan Rumah yang bisa kami bagikan dan mudah-mudahan bermanfaat untuk anda. Jika sudah dipahami, maka akan terasa gampang. (susah susah GAMPANG kan).

Apabila anda suka dan merasa bermanfaat, silakan membagikan artikel ini kepada teman teman anda yang membutuhkan informasi. Jika ada pertanyaan silakan menghubungi DENYA. Kami akan dengan senang hati membantu anda.

Sebagai informasi, DENYA menyediakan seluruh keperluan untuk proyek Sambungan Rumah (SR) anda.

English Version

First of all, Home connection (SR) is a popular designation for water distribution connections to residential homes. Furthermore, home connections are usually managed by the local Regional Water Company (PDAM) and are sanitation or piping projects for clean water irrigation which are being promoted by the government.

This SR or house connection usually starts from the main distribution pipe to front of the residential house.

Usually the pipes used for Home Connections (SR) starts from 63mm to 20mm. It is quiet difficult because most of us have to be smart and experienced to combine several different materials such as hdpe pipes, pvc pipes, galvanized pipes and some other accessories.

Through this article we want to share some tips and connection information commonly used for Home Connections (SR).

In general, the SR installation starts with the installation of the SADDLE CLAMP. CLAMP SADDLE usually adapted to the distribution pipe material that we will joint with SR pipe. For example the distribution pipe is hdpe pipe, then we use the HDPE CLAMP SADDLE.

Another note is the CLAMP SADDLE itself must match the size of the distribution pipe and its output is in accordance with the needs of our SR pipe. As the example, the distribution pipe is 110mm and our SR pipe is 32mm, then the SADDLE CLAMP that we use is the SADDLE CLAMP 110mm x 1 “(32mm).

Meanwhile, the hole in the CLAMP SADDLE output will be paired with FERRULE CUTTER or MALE THREADED ADAPTER or MALE ELBOW.

FERRULE CUTTER is used if the distribution pipe is active or running water that cannot be deactivated.

Alternative choice of fittings

MALE THREADED ADAPTER (MTA) is an ideal alternative if the distribution pipe can be deactivated or stopped during a house connection installation (SR) because the price is more friendly.

We can also use MALE ELBOW if conditions require that we deflect the output pipeline of the SADDLE CLAMP.

Furthermore, one of all above accessories will connected to the hdpe pipe to specified point and it’s usually till the front of the targetted residential house.

It was determined that this hdpe pipe was then connected to ANGLE LOCKABLE VALVE (or GATE VALVE that could be locked). Simply we can use FEMALE THREADED ADAPTER (FTA) if the thread / valve valve is available if it has an outer (male) thread.

SEAL TAPE must be applied on all thread of fittings and then connected to the valve that has been prepared. Lock it as well. Meanwhile, SEAL TAPE recommend is industry-specific SEAL TAPE.

Apply FTA again in other end to connect the valve with the hdpe pipe. Then use FTA or MTA in accordance with the tip of the WATER METER that we will connect.

Hence in SR Project, the WATER METER used for the Home Connection project must have a SNI certificate or logo and be made of plastic or brass / bronze / brass.

DENYA is an example of SNI certified pipe producers.

It is usually connected to the BALL VALVE after WATER METER which function is to stop the flow of water if needed.

Hence DOUBLE NIPPLE applied between WATER METER and BALL VALVE. Next we need to install FTA and connect it with galvanized pipe because we will immediately make the goose neck type.

After that we use galvanized ELBOW at the end of the pipe. Point the other ELBOW galvanized tip towards the top.

Connect ELBOW with a Galvanized pipe approximately 50 centimeters. Then use the FEMALE ELBOW or Elbow drat type inside the end of the pipe which is upright and then we connect with WATER TAPE.

For reminder, don’t forget to use SEAL TAPE on all threaded connections.

Probably in some areas the use of BOX WATER METERS and or BOX CONTROL from cement is mandatory and is actually recommended for all Home Connection projects.

Therefore we wish all the information about Home Connections we share can benefit you.

In conclusion, If you like and feel useful, please share this article with your friends who need information. Finally, if there are questions please contact DENYA. We will be happy to help you.

Above all, for your information, DENYA provides all the requirements for your Home Connection (SR) project.

admin

About admin

a man behind the website

No Comments

Leave a Comment